Posted by : Unknown Selasa, 10 Februari 2015

Mengapa harus migrasi ke linux?


Mengapa kita harus pindah ke linux, yang pasti, yang pertama ada dipikiran kita adalah kata-kata :


1. Gratis
GNOME 3
hehehe... benar sekali, dengan menggunakan linux kita akan terhindar beban lisensi yang sangat mahal, dengan menggunakan linux kita juga terhindar dari aplikasi-aplikasi yang harus kita beli dengan harga yang mahal pula. Padahal untuk kualitas sama-sama berkualitas baik dengan aplikasi yang ada di linux. Bayangkan saja, kalau kita menggunakan windows ( yang asli ya gan, bukan yang bajakan), bisa menghabiskan biaya $356 - $1,291 (hitung sendiri kursnya, hehehe), apalagi yang saat ini versi terbaru yaitu windows 10.


tidak hanya membeli Osnya saja yang mahal, tapi juga aplikasi pendukung yang juga sangat mahal. Apa saja itu???
contoh saja microsoft office, yang harganya sekitar $223 - $1,091, kita juga harus membeli antivirus yang harganya sangat mahal. Yang lain pun sama, seperti adobe photoshop, corel, dll. Bayangkan saja, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli itu semua dibandingkan menggunakan linux.

2. Terhindar dari dosa
mungkin yang kedua ini agak mainstream kata-katanya, ya betul. Sebagian orang yang menggunakan windows, khususnya di Indonesia, tidak mau membeli OS ini, dengan kata lain adalah mencuri, yaitu dengan crack. Nah, kalau kita menggunakan linux (yang gratis), kita tidak akan terjerat dalam kasus pencurian itu.

3. Linux itu open source (lisensi bebas)
selain gratis, kita juga bisa merubah apa yang ada di dalam linux, kita bisa meremastering linux itu menjadi sebuah distro kita sendiri, yang pastinya itu sangat menyenangkan.

4. linux sangat aman dan antvirus
tidak aneh komputer kita terserang oleh virus, dan sebagai contohnya adalah penulis sendiri, hingga suatu saat migrasi ke linux merasakan kenyamanan karena tidak ada virus yang masuk.
lantas, linux itu aman???? benar sekali, linux sangat aman, dan sampai saat ini juga masih aman, karena bangunan sistem yang dibangun linux beda dengan windows. Virus windows tidak bisa membobol sistem linux, karena virus windows tidak bisa mengenali kode yang ada linux. Kenapa tidak diciptakan virus khusus linux? Pintar, “Hacker adalah pecinta linux”.

5. Linux itu mudah dan User friendly
Mungkin pengguna windows akan berpikir bahwa linux itu rumit, penuh dengan kode, tidak user friendly. Mungkin itu adalah pernyataan yang benar, tapi ingat, itu adalah linux zaman dulu. Sekarang sudah diterapkan Desktop Environment seperti GNOME, UNITY, KDE, LXDE, yang mungkin itu semua lebih sempurna di bandingkan windows, yang hanya menerapkan satu tampilan saja untuk setiap versinya.

Mungkin itu hanya segelintir kelebihan yang dimiliki linux.

sekian tulisan yang dapat saya publish, mari kita berhenti menjadi seorang pembajak.. :D

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. tambahan: Linux cepat dan ringan.

    sekarang software alternatif windows di linux udah banyak juga ya bro, contohnya:
    Photoshop -> GIMP
    Corel Draw -> Inkscape
    3D Max -> Blender
    Office -> WPS Office / Libre Office

    intinya, linux = keren, keep posting! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha makasih kang tambahannya,..
      Linux memang keren :)

      Salam open source

      Hapus

Berkomentarlah dengan Baik, Bijak, dan pastinya membangun..

Click

idblognetwork

- Copyright © Aris Source -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -